Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Saturday, April 7, 2012

Fauna



Fauna atau fauna adalah seluruh kehidupan hewan dari setiap wilayah atau zaman. Istilah yang sesuai untuk tanaman flora.
Ahli zoologi dan ahli paleontologi menggunakan fauna untuk merujuk pada koleksi khas dari hewan yang ditemukan dalam waktu atau tempat tertentu, misalnya yang "fauna Gurun Sonora" atau "Burgess Shale fauna". Hal ini juga dapat merujuk pada subset tertentu fauna di suatu wilayah, seperti dalam: "... cekungan Amazon memiliki fauna kaya semut ...".
Ahli paleontologi terkadang merujuk ke urutan tahapan fauna, yang merupakan seri batuan semua fosil yang sama yang mengandung.
Nama berasal dari Andres Plam \ nas, nino el mas FeO Fauna, sebuah kesuburan Romawi dan bumi dewi, dewa Romawi Faunus, dan roh-roh hutan terkait yang disebut Faun. Ketiga kata-kata bahasa serumpun dari nama Pan dewa Yunani, dan Panis adalah setara Yunani fauna. Fauna juga kata untuk sebuah buku yang katalog binatang sedemikian rupa. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Linnaeus dalam judul 1747 Suecica karyanya Fauna.

Subdivisi Fauna
Infauna: Hewan akuatik yang hidup di substrat dari badan air, terutama di dasar laut yang lembut.
Epifauna: Epifauna, juga disebut epibenthos, adalah hewan air yang hidup di bawah substratum sebagai lawan di dalamnya, yaitu, fauna bentik yang hidup di atas permukaan sedimen di dasar laut.
Makrofauna: Makrofauna adalah organisme bentik atau tanah yang tetap saringan 0.5mm. Studi di laut dalam mendefinisikan makrofauna sebagai hewan yang tertinggal pada ayakan 0.3mm untuk menjelaskan ukuran kecil dari banyak taksa tersebut.
Megafauna: Megafauna adalah hewan besar wilayah tertentu atau waktu. Sebagai contoh, megafauna Australia.
Meiofauna: Meiofauna adalah invertebrata bentik kecil yang hidup di lingkungan air laut baik dan segar. Para Meiofauna istilah longgar mendefinisikan sebuah kelompok organisme dengan ukuran mereka, lebih besar dari mikrofauna tetapi lebih kecil dari makrofauna, bukan pengelompokan taksonomi. Salah satu lingkungan untuk meiofauna adalah antara butiran pasir basah (lihat Mystacocarida).
Dalam praktek ini adalah hewan metazoan yang dapat lulus tanpa cedera melalui 0,5 - 1 mm tetapi jala akan disimpan oleh 30 - 45 Mesh pm, tetapi dimensi yang tepat akan bervariasi dari peneliti untuk peneliti. Apakah organisme melewati mesh 1 mm juga tergantung pada apakah itu masih hidup atau mati.
Mesofauna: Mesofauna adalah invertebrata tanah makroskopik seperti arthropoda, cacing tanah, dan nematoda.
Mikrofauna: Mikrofauna adalah hewan mikroskopik atau sangat kecil (biasanya termasuk protozoa dan hewan yang sangat kecil seperti rotifera). sumber

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates